Advertisement

Main Ad

Amati Sekitar Rumah

Jadi, aku pengen cerita tentang kegiatan online yang aku ikuti selama masa #dirumahaja.  Namanya adalah kegiatan #AmatiSekitarRumah yang aku ikuti selama bulan Juni 2020. Kegiatan ini diadakan bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup sedunia pada tanggal 5 Juni.

Kegiatan ini dilakukan secara online karena memang kita masih dalam masa Covid19, dan kita harus jaga jarak. Dan kegiatan ini bisa diikuti dari mana saja. Karena panduan kegiatan-kegiatan menggunakan google classroom.


Apa itu kegiatan Amati Sekitar? Amati Sekitar adalah kegiatan yang diadakan oleh kak Kaysan
tentang mengamati burung sekitar rumah dan kota. Kak Kaysan sudah punya banyak pengalaman tentang pengamatan burung. Karena kak Kaysan adalah praktisi pengamat burung.

Nah, kegiatan ini aku lakukan hampir satu bulan dari tanggal 5 sampai 30 Juni. Satu per satu tugas dari kelas aku ikuti bersama adikku. Kegiatannya asyik dan ada permainan seru seperti memory games, bingo dan treasure hunt.

Aku dan adikku Yanthi  mengamati burung di sekitar rumah kami yaitu dari lantai 2 jemuran atas, karena kami bisa melihat dengan leluasa burung berterbangan dan juga yang sedang bertengger. Aku sama adikku juga didampingi oleh Mama Nur dan kadang oleh Ayah kalau mama lagi sibuk masak.




Aku baru menyadari ternyata burung-burung yang datang ke rumahku lumayan banyak. Kalau bukan karena ikut kegiatan Amati Sekitar Rumah, mungkin aku biasa-basa aja melihat burung di sekitar rumahku. Dan ternyata burung-burungnya lumayan banyak yang datang, namun yang dominan adalah burung gereja. Tapi aku juga yang melihat ada cucak kutilang dan burung walet di sekitar rumahku.

Berikut dokumentasi dalam bentuk podcast di Youtube bersama mama dan ayahku:
https://www.youtube.com/watch?v=PdYLBRiy7W4




Dokumentasi foto selama aku melakukan kegiatan pengamatan:



















Jadi yang paling menyenangkan dari kegiatan ini adalah:
aku jadi memiliki  perhatian yang lebih dengan aneka burung yang datang di sekitar rumahku dan jadi pemgen tahu lebih banyak lagi spesies dan jenis-jenisnya. Dan ternyata kegiatan ini seru banget loh teman-teman, membuat kita jadi lebih peka terhadap alam yang ada di sekitar kita. 

Terima kasih banyak ya kak Kaysan ;-)
 
 

 
 
 
 
 
 
 
 



Posting Komentar

0 Komentar